Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

Membuat logo perusahaan yang menarik sebagai cermin budaya perusahaan

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Membuat logo perusahaan yang menarik sebagai cermin budaya perusahaan

    Logo boleh dikatakan sebagai urat nadi kehidupan sebuah perusahaan sehinggaharus dibuat dengan penuh perhitungan oleh ahlinya yang telah berpengalaman. Logo akan menjadi wakil perusahaan dalam benak masyarakat. Ketika konsumen dihadapankan pada suatu bentuk grafis tertentu sebagai sebuah rangsangan pada saraf mata maka otak akan memberi makna melalui asosiasi. Asosiasi antara bentuk grafis dengan elemen-elemen grafis inilah yang membentuk citra perusahaan yang pada akhirnya bentuk logo ini akan menjadi corporate identity perusahaaan.

    Terdapat kaitan yang sangat erat antara corporate identity dan corporate image dimana pada yang pertama adalah identitas yang disampaikan oleh perusahaan sedangkan yang kedua adalah persepsi konsumen terhadap apa yang disodorkan oleh perusahaan tersebut. Logo diharapkan menjadi pintu masuk kedalam persepsi konsumen. Jadi desain logo tidak dapat lagi hanya sekedar menggunakan imaginasi tetapi harus juga mengerti visi misi dan strategi marketing.

    Mengidentifikasi Kepentingan Perlunya Merubah Logo
    Alasan yang paling banyak dilontarkan ketika akan mengubah logo adalah memperbaharui citra perusahaan sama seperti ketika Indosat, BN 46 dan Pertamina mengubah desain logo mereka. Perbaharuan citra ini bisa terkait dengan perubahan strategi, core competensi maupun perubahan cara marketing jasa atau produk perusahaan tersebut.

    Perlu diketahui bahwa ada serangkaian tahapan yang harus dilewati sebelum menentukan waktu kapan sebuah organisasi harus merubah dan mengganti desain logo perusahaan baru antara lain:
    1. Mengidentifikasi kepentingan perlunya merubah logo
    2. Melakukan penelitian dan survey secara internal dan eksternal
    3. Melakukan pemilihan prioritas antara logo dan budaya

    Mengidentifikasi Kepentingan Perlunya Merubah Logo
    Alasan yang paling banyak dilontarkan ketika akan mengubah logo adalah memperbaharui citra perusahaan sama seperti ketika Indosat, BNI 46 dan Pertamina mengubah desain logo mereka. Perbaharuan citra ini bisa terkait dengan perubahan strategi, core competensi maupun perubahan cara marketing jasa atau produk perusahaan tersebut.

    Melakukan Riset Penelitian dan Survey Secara Internal dan Eksternal
    Dalam riset internal ini dapat digali berbagai aspek perusahaan yang akan ditonjolkan atau disampaikan seperti aspek historis, visi, misi, filosofi, strategi, sampai budaya perusahaannya. Selanjutnya hasil riset ini akan dianalisa dan dituangkan dalam konsep desain yang akan menjadi patokan dalam pembuatan desain corporate identity. Dari sini dapat terlihat jelas bahwa makna filosofi, visi, misi dan strategi hingga budaya perusahaan haruslah disampaikan oleh stakeholder perusahaan dalam kreatif brief pembuatan logo demi mendapatkan corporate identity terbaik.

    Melakukan Pemilihan Prioritas Antara Logo dan Budaya
    Masalah yang kemungkinan paling berat untuk dihadapai adalah ketika perusahaan harus mengambil keputusan untuk memilih salah satu dari dua alternatif yaitu mengganti logo dulu baru kemudian memperkenalkan budaya baru perusahaan, atau melakukan perkenalan budaya terlebih dulu baru setelah itu mengganti logo. Jika memilih alternatif pertama, dimana desain logo dirubah kemudian merubah budaya kerja, berarti ada bahaya. Karena perusahaan mengumumkan perubahan untuk mendapatkan citra baru, tetapi secara internal tidak terjadi perubahan signifikan. Alternatif kedua, dilakukan perkenalan budaya baru sehingga perilaku karyawan berubah, baru setelah itu dilakukan pembuatan desain logo baru. Perubahan perilaku karyawan akan menjamin tercapainya citra perubahan tatkala logo baru diperkenalkan.
    Hal yang dapat menjadi pertimbangan adalah sense of urgency dimana bila pesaing baru kaliber dunia bukan saja di depan pintu tetapi sudah didalam kamar maka pilihan alternatif pertama memang harus dipilih dan merupakan langkah yang tepat.

    Banyak contoh perusahaan kelas dunia yang menjadikan perubahan logo perusahaan adalah hal yang wajar seiring dengan strategi perusahaan yang terus berubah dan beradaptasi dengan perkembangan perekonomian dan teknologi. Sebut saja Union Pacific telah merubah logonya 27 kali, Bell sudah 6 kali.

    British Petroleum (BP) sebuah perusahaan raksasa minyak Inggris yang mensejajarkan dirinya dengan perusahaan minyak raksasa dunia Royal Dutch Shell, ExxonMobil, Total dan Chevron Texaco. Pada tahun 1998 British Petroleum melakukan merger dengan AMOCO dan berganti nama BP AMOCO. Namun secara mengejutkan pada tahun 2002 perusahaan merubah nama menjadi BP yang kepanjangannya bukan lagi British Petroleum, tetapi Beyond Petroleum. Logo baru bermotif lingkaran dan bunga matahari dan identitas Inggrisnya telah lenyap. Visi dan misi yang diemban adalah ingin terus mengembangkan energi solar (sinar matahari) yang saat itu sudah terdepan diantara pesaingnya. Jadi perubahan logo memang banyak dilakukan oleh perusahaan energi dalam menyongsong masa depan karena mereka selalu melakukan riset terhadap tahapan-tahapan dalam menentukan waktu kapan melakukan perubahan desain logo.

    Implementasinya perubahan desain logo inilah yang sebenarnya sangat mahal sehingga aspek identitas perusahaan yang lain perlu berubah seiring dengan perubahan logo dan yang paling sulit adalah merubah perilaku internal stakeholder dan pegawai perusahaan tersebut serta bagaimana meyakinkan konsumen untuk mempercayai corporate identity perusahaan yang baru.



    (Sumber : AKARAPI.com)

  • #2
    Wah, terimakasih ya untuk infonya. Kelihatannya hal yang kecil, tetapi menggambarkan citra perusahaan itu sendiri.

    Comment


    • #3
      Logo bisa diibaratkan dengan wajah. Setiap orang bisa dengan mudah dikenali antara satu dengan yang lain hanya dengan melihat wajah. Begitu juga halnya dengan logo. Logo merupakan sebuah visi penyampaian citra positif melalui sebuah tampilan sederhana dalam bentuk simbol.

      Comment


      • #4
        Ya........... Setuju Ms. Flower, Logo itu seperti wajah dan bisa menjadi ciri khas utama yang dikenal orang

        Comment

        Working...
        X