Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

Type-type pelanggan

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Type-type pelanggan

    Tipe-tipe Pelanggan :

    Bagi pengusaha jasa pelayanan, mengenal macam-macam tipe pelanggan adalah penting, karena dengan mengenal tipenya, kita akan lebih mengenal pula sifatnya, ciri-cirinya dan kebiasaan pelanggan tersebut. Dengan demikian, diharapkan perusahaan akan lebih mudah memasarkan produk barang dan jasa yang dihasilkan.

    Secara garis besar ada beberapa tipe pelanggan. Pengelompokkan berikut tidak mempunyai dasar ilmiah (psikologi, sosiologi), namun sering dianut oleh para penyedia jasa.

    a. Pelanggan Pria
    1) Tidak bertele-tele dalam mencari barang yang diinginkannya.
    2) Kurang sabar dalam memilih barang yang diinginkannya.
    3) Mudah dipengaruhi bujukan petugas pelayanan (pada bujukan tertentu).
    4) Mudah terpengaruh oleh penjelasan dan argumentasi yang obyektif.

    Cara terbaik memperlakukan pelanggan pria adalah:
    a. Segera membujuknya atau mempengaruhinya, bahwa barang yang diminati adalah tepat sesuai dengan selera.
    b. Petugas jangan banyak bertanya, layani saja apa yang diinginkannya.
    c. Jawab dan jelaskan semua pertanyaannya, jangan bertele-tele, langsung pada inti permasalahannya.

    b. Pelanggan Wanita
    1) Sangat bertele-tele dalam memilih barang.
    2) Tidak mudah terpengaruh penjelasan/bujukan petugas pelayanan.
    3) Dalam memilih barang, biasanya lebih tertarik pada motif, bentuk atau warna, bukan pada manfaat barang tersebut, karena wanita cenderung menggunakan perasaannya.
    4) Lebih menyukai sesuatu yang bersifat modis terutama dalam memilih produk pakaian, tas, sepatu, dan asesoris sosial dirinya.
    5) Mudah meminta pandangan dan pendapat orang lain.
    6) Menyukai hal-hal yang bersifat romantis.
    7) Kurang menyukai hal-hal yang bersifat teknik.
    Cara terbaik memperlakukan pelanggan wanita adalah:
    a. Sediakan waktu yang cukup luang/lama, agar dia bebas memilih barang yang diinginkannya.
    b. Petugas pelayanan harus lebih sabar dalam melayani pelanggan wanita, karena wanita adalah cerewet dalam menentukan pilihannya.
    c. Berikanlah pelayanan yang lebih khusus.
    Misal: a) diskon untuk produk tertentu,
    b) obral untuk beberapa produk bermerk yang modelnya sudah agak telat.

    c. Pelanggan Remaja
    1) Mudah terpengaruh bujukan petugas.
    2) Mudah terpengaruh tayangan iklan yang menarik.
    3) Seleranya sangat modis dalam memilih barang.
    4) Agak boros dalam berbelanja.

    d. Pelanggan Usia Lanjut
    1) Sangat sulit terpengaruh bujuk rayu petugas.
    2) Sudah mantap dalam memilih barang yang diinginkannya.
    3) Acapkali menanyakan barang-barang yang sudah ketinggalan jaman.
    4) Biasanya bersikap ramah dan ngemong pada petugas yang masih muda-muda.
    5) Cenderung ingin berlama-lama dan ngobrol dulu dengan petugas.

    Cara terbaik memperlakukan pelanggan usia lanjut adalah:
    a. Sabar dan penuh pengertian dalam melayaninya.
    b. Dengarkanlah dengan baik nasehat-nasehat mereka tanpa membantah atau berdiskusi.
    c. Apabila kesulitan dalam melayaninya, sebaiknya segera alihkan ke ptugas yang lebih tua atau lebih dewasa.

    e. Pelanggan Anak-Anak
    1) Umumnya masih suka bermain-main
    2) Keinginannya terkadang tidak konsisten (suka berubah-ubah).
    3) Tidak pernah diam, selalu bergerak kesana-kemari.
    4) Mudah dipengaruhi dengan bujuk rayu.

    Cara terbaik memperlakukan pelanggan anak-anak adalah:
    a. Tidak memperlakukan mereka sebagai anak kecil yang tidak berdaya karena mereka juga butuh penghargaan dan perlakuan layaknya orang dewasa.
    b. Petugas harus sabar dalam melayani pelanggan anak-anak, karena keinginan anak terkadang suka berubah.
    c. Petugas perlu memberi pujian, misalnya dengan kata-kata: ”Wah pasti Adik cantik deh kalau pake baju ini.”

    f. Pelanggan Pasangan Bertunangan
    1) Suasana hati sedang diliputi kebahagiaan.
    2) Seia-sekata dan jarang terjadi perselisihan.

    Cara terbaik memperlakukan pelanggan pasangan bertunangan adalah:
    a. Meminta perhatian si gadis bila si pria membutuhkan barang, bagitu pula sebaliknya.
    b. Mendengarkan dengan penuh perhatian tentang segala hal yang mereka inginkan dan bila diperlukan berilah saran yang terbaik yang mereka butuhkan, karena biasanya pasangan bertunangan akan memberikan yang terbaik bagi pasangannya.
    c. Ciptakanlah suasana santai dan akrab agar pasangan tersebut leluasa ngobrol mengenai barang yang akan mereka beli.
    d. Berikan perhatian lebih terhadap si gadis karena biasanya pendapat dan permintaan si gadis akan dikabulkan.

  • #2
    wah pelanggan wanita sepertinya paling sulit nih dilayani hehehe kesatu saja sudah bertele2.

    Comment


    • #3
      Originally posted by dhe View Post
      wah pelanggan wanita sepertinya paling sulit nih dilayani hehehe kesatu saja sudah bertele2.
      hahaha iya tuh wanita paling banyak tips nya

      Comment


      • #4
        sangat membantu sekali jika kita mengenal dan memahami tipe tipe pelanggan, kemudian fokus ke segmen mana yang mau dijangkau.. semoga sukses

        Comment


        • #5
          kalo dengan pelanggan yg sudah berumur harus extra sabar.......dan pastinya akan lbh banyak dinasehatin nih daripada diberi masukan

          Comment


          • #6
            hehehe..pelanggan wanita lebih bayak mikir klo beli, apa lagi klo pelanggan nya sdh ibu2..

            Comment


            • #7
              paling mudah kali ya melayani anak remaja..secara mudah terpengaruh, krn sering galau.. hehehe

              Comment


              • #8
                wah hari gini masih bertele tele dalam membeli kayaknya dah ga gitu gitu banget yah soalnya zaman sekarang semua mau serba cepat.. time is money..

                Comment


                • #9
                  Kalau saya boleh memilih ya, lebih baik melayani pelanggan pria yang langsung to the point saja, beli barang A, dikasih lalu bayar.. ditambah sapaan terima kasih... Dalam satu hari ada 10 saja pelanggan ini, senang hati hehehe

                  Comment


                  • #10
                    jadi tahu tipe2 pelanggan ya dan cara menghadapinya...good nih sharingnya!

                    Comment


                    • #11
                      memang menghadapi pelanggan wanita terutama ibu2 dan yang usia lanjut harus punya kesabaran yang panjang....

                      Comment


                      • #12
                        Wah pelanggan wanita ribet banget yah kalau belanja ternyata, jadi sabar-sabar aja deh yah kalau menghadapi pelanggan wanita..

                        Comment

                        Working...
                        X