Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

Manfaat Internet di Bidang Bisnis

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Manfaat Internet di Bidang Bisnis

    Internet pertama dikembangkang pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika untuk menghubungkan beberapa computer untuk keperluan militer ( ARPANET ). Akan tetapi semakin berkembangnya ilmu pengetahuan tentang teknologi jaringan, media ini tidak terbatas di gunakan untuk keperluan di bidang militer saja akan tetapi telah berkembang untuk manfaat di bidang bisnis. Bahkan perkembangannya telah jauh melesat ke awal tujuan semula sebagai keperluan militer.

    Bisnis yang memanfaatkan internet sebagai media mulai tumbuh berkembang di era tahun 90. Semakin berkembangnya maupun meningkat gaya hidup manusia, kehadiran teknologi ini mempermudah mereka dalam mengakses informasi adalah suatu keharusan. Momen ini di manfaatkan secara brilian oleh para pelaku bisnis. Mereka mulai beralih dari bisnis yang mereka lakukan secara offline(konvensional) ke metode online.

    Manfaat internet untuk bisnis sangat dirasakan bagi pelaku bisnis yang ingin meraup pangsa pasar global atau lebih luas. Dengan media ini, pelaku bisnis yang sebelumnya bermain di pangsa lokal, kini mereka telah terlatih untuk meraup keuntungan di pangsa internasional. Banyak dari mereka yang memperoleh peningkatan keuntungan secara drastis setelah beralih ke bisnis secara online.

    Merintis atau memulai bisnis online tentunya memerlukan ketrampilan tersendiri yang harus mereka pelajari. Walaupun secara konsep, strategi memulai bisnis melalui internet sama dengan bisnis konvensional. Namun ada perbedaan secara teknis yang mereka harus pelajari. Suatu contoh: untuk bisnis konvensional proses pembayaran pihak penjual maupun pembeli dilakukan dengan tatap muka , akan tetapi untuk bisnis pembeli harus membayar secara online( saat ini metode yang banyak digunakan adalah: Paypal ). Pembayaran secara online memerlukan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Karena pembayaran dengan metode online rawan oleh kejahatan para hacker yang sangat lihai untuk membobol data penting baik pembeli maupun penjual.

    Bagi mereka yang merintis bisnis lewat internet , kehati-hatian dalam melakukan bisnis ini adalah suatu keharusan. Namun jangan dijadikan suatu hambatan untuk mengembangkan bisnis anda. Manfaat internet untuk bisnis akan mengalami booming di Indonesia 3 sampai 5 tahun lagi. So, siapkan diri anda untuk berkembang secara global. Keep the faith!
Working...
X